Maximum Heart Rate

Bagi penggemar olahraga, istilah ini sudah tidak asing lagi. Maximum Heart Rate (MHR) adalah detak jantung maksimal yang dianjurkan bagi seseorang ketika berolahraga. Angka ini berbeda bagi tiap orang tergantung dari usia dan tingkat kebugarannya.

Rumus matematis nya : MHR = (220-umur) x (50% sampai 85% )

Misalkan seseorang berumur 30 tahun maka MHR nya (220-30) x (50% sampat 85% ) , didapat angka 95-161 BPM (beat per minute). Faktor pengali 50%-85% berbeda bagi tiap orang tergantung tingkat kebugarannya. Level 50%-70% adalah zona pembakaran lemak (Fat Burning Zone), dimana di level ini cadangan lemak mulai digunakan sebagai energi. Level 70%-85% adalah zona cardio yang bagus untuk meningkatkan dan menguatkan jantung, juga untuk menambah kapasitas oksigen dalam paru-paru.

Minimum aktifitas aerobik yang dianjurkan baik untuk pembakaran lemak ataupun cardio adalah 30menit. Pada saat ini Glycogen (tenaga siap pakai) dalam tubuh sudah habis setelah 15 menit pertama dan digantikan oleh lemak sebagai “bahan bakar” nya. Aktifitas aerobik disini bisa berupa jalan cepat, lari, bersepeda, berenang dll. Beberapa orang mengeluh karena sudah melakukan cardio tetapi belum juga kurus, ini disebabkan karena cardio yang dilakukan belum mencapai zona pembakaran lemak. Misalnya berjalan terlalu pelan, atau bersepeda sangat santai.

Perlu diingat bahwa MHR disini ditujukan bagi orang yang tidak memilik keluhan jantung apapun, untuk hasil yang lebih baik silakan berkonsultasi dengan dokter anda.

SELAMAT BEROLAHRAGA

By tipssehatdanbugar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s